Daftar Informasi Publik

Daftar Informasi Publik  

SK Rektor Nomor 1557/UN62/HK/KEP/2025 tentang Daftar Informasi Publik 2025

 

No. Ringkasan Isi Informasi Pejabat yang Menguasai Informasi Waktu dan Tempat Pembuatan Informasi Format yang Tersedia Retensi Arsip Tautan
Profil UPN "Veteran" Yogyakarta
  Alamat dan Kontak

KAMPUS I
Jl. Padjajaran (Ring Road Utara) No.104, Ngropoh, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
Telp. (0274) 486733/0851 5077 2500
Email: info@upnyk.ac.id

KAMPUS II
Jl. Babarsari Jl. Tambak Bayan No.2, Janti, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486733/ 0851 5077 2500
Email: info@upnyk.ac.id
Koordinator Bidang Umum, Hukum, Tata Laksana, dan BMN (UHTB) 2014, Yogyakarta Softfile Permanen Lihat

 

  Sejarah
UPN ”Veteran” Yogyakarta berasal dari Akademi
Pembangunan Nasional “Veteran” yang didirikan pada
tanggal 8 Oktober 1958.
UPN “Veteran” Yogyakarta berubah menjadi perguruan tinggi negeri berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2014 tanggal 6 Oktober 2014. Perkuliahan perdana yang dilaksanakan tanggal 15 Desember 1958 selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi UPN ”Veteran” Yogyakarta.

Koordinator Bidang Umum, Hukum, Tata Laksana, dan BMN (UHTB) 2017, Jakarta Softfile, Hardfile Permanen, kecuali terdapat peraturan pengganti.  Lihat
  Arti Lambang
Logo UPN "Veteran" Yogyakarta ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta No: 481/UN62/II/2016 Tentang
Logo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.
Koordinator Bidang Umum, Hukum, Tata Laksana, dan BMN (UHTB) Yogyakarta, 2016 Softfile, Hardfile Permanen, kecuali terdapat peraturan pengganti. Lihat
  Visi dan Misi
Menjadi Universitas Pionir Pembangunan Yang Dilandasi Jiwa Bela Negara Di Era Global
Koordinator Bidang Umum, Hukum, Tata Laksana, dan BMN (UHTB) 2017, Jakarta Softfile, Hardfile Permanen, kecuali terdapat peraturan pengganti.

Lihat

 

  Struktur Organisasi

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 20 Tahun 2024 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
Koordinator Bidang Umum, Hukum, Tata Laksana, dan BMN (UHTB) 2024, Jakarta Softfile, Hardfile Permanen, kecuali terdapat peraturan pengganti. Lihat
  Profil Singkat Pimpinan Universitas

Profil singkat mencakup riwayat pendidikan, riwayat jabatan struktural, jurnal, buku, dan pengalaman akademik sebagainya.
Koordinator Kerja Sama dan Humas
Biro AKKS
2025, Yogyakarta Softfile Aktif 1 tahun Lihat
  Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara Pimpinan

LHKPN telah diperiksa, diverifikasi dan ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta dapat diakses terbuka oleh publik melalui website https://elhkpn.kpk.go.id/
Koordinator Kerja Sama dan Humas
Biro AKKS
2025, Yogyakarta Softfile Aktif 1 tahun Lihat
Informasi tentang Program dan/atau Kegiatan Universitas
  Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) Tahunan

Dokumen RBA disusun berdasarkan Visi, Misi, dan Program Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi serta Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) UPN "Veteran" Yogyakarta 2015-2039 pada sasaran lima tahunan 2025-2029. Dokumen RBA menjadi pendoman pelaksanaan kegiatan tahunan.
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2024, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Perjanjian dan Kontrak Kinerja

Perjanjian dan Kontrak Kinerja antara Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta dengan Dirjen Pendidikan Tinggi dan Dirjen Perbendaharaan yang menyatakan kesanggupan UPN "Veteran" Yogyakarta untuk mencapai target pada Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi.
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP)

RPJP UPN "Veteran" Yogyakarta Tahun 2015-2039 sebagai pedoman dalam pengelolaan serta penyusunan Rencana strategis lima tahunan UPN “Veteran” Yogyakarta.
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2015, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 5 tahun Lihat
  Rencana Strategis (Renstra)

Renstra sebagai rujukan pokok dalam menjalankan fungsi manajemen, atau sebagai panduan perumusan program kerja dalam rencana kinerja tahunan. Dua hal utama latar belakang penyusunan Renstra adalah memperkuat jati diri atau penciri UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai Kampus Bela Negara serta menguatkan landasan pada aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi menuju World Class University melalui transformasi dan penguatan kelembagaan BLU.
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2020, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 5 tahun Lihat
  Petunjuk Operasional Standar (SOP) Pendataan IKU

UPN "Veteran" Yogyakarta mengatur SOP Pengumpulan Data IKU Perguruan Tinggi bagi setiap fakultas dan unit.
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2024, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)

Dasar pelaksanaan anggaran oleh UPN "Veteran" Yogyakarta dalam menjalankan kegiatan selama satu tahun.
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Informasi Penerimaan Calon Pegawai dan/atau Pejabat
Negara

Informasi penerimaan CPNS Dosen, Tendik, serta lelang jabatan pimpinan UPN "Veteran" Yogyakarta.
Koordinator Bagian Kepegawaian 2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
Informasi tentang Program dan/atau Kegiatan Akademik
  Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru Program Diploma 3, Sarjana, Magister, Doktoral melalui Jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri
Koordinator Bagian Akademik
Biro AKKS
2025, Yogyakarta Softfile Aktif 1 tahun Lihat
  Kalender Akademik

Kalender Akademik berisi informasi jadwal kegiatan akademik UPN "Veteran" Yogyakarta selama satu tahun ajaran.
Koordinator Bagian Akademik
Biro AKKS
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Informasi nilai UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI)

Informasi besaran nilai UKT dan IPI berdasarkan masing-masing golongan dan jurusan/program studi
Koordinator Bagian Akademik
Biro AKKS
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Informasi Wisuda

Informasi pelaksanaan wisuda UPN "Veteran" Yogyakarta mencakup jadwal pelaksanaan, pengambilan toga, gladi bersih, pengambilan ijazah, dan sebagainya.
Koordinator Bagian Akademik
Biro AKKS
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Informasi Beasiswa

Informasi pembukaan beasiswa bagi mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta berisi informasi jenis beasiswa, jadwal, syarat, tata cara pendaftaran, dan sebagainya.
Koordinator Bagian Kemahasiswaan
Biro AKKS
2025, Yogyakarta Softfile Aktif 1 tahun Lihat
Laporan Keuangan dan/atau Kinerja Universitas
  Laporan Keuangan Audited

Laporan Keuangan UPN "Veteran" Yogyakarta telah mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Auditor Independen, terdiri dari Rencana dan Laporan Realisasai Anggaran, Neraca, Laporan Arus Kas (CALK), dan laporan daftar aset dan investasi.
Koordinator Bagian Keuangan 2024, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Informasi Keuangan Lainnya

Informasi keuangan lainnya terdiri dari Laporan Operasional BLU, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, dan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih.

Koordinator Bagian Keuangan 2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Laporan Kinerja (Lakin)

Laporan ini menyajikan informasi kinerja atas pencapaian sasaran kegiatan beserta indikator kinerjanya sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Kinerja UPN "Veteran" Yogyakarta tahun 2024. UPN "Veteran" Yogyakarta pada tahun 2024 menetapkan 4 sasaran dan 11 indikator kinerja utama. Secara umum UPN "Veteran" Yogyakarta telah berhasil merealisasikan target kinerja yang ditetapkan dalam perjanjian kinerja.
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2024, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Laporan Tahunan Rektor

Laporan Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta yang disampaikan pada agenda Dies Natalis.
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
Laporan Layanan Informasi Publik
  Laporan Layanan Informasi Publik

Laporan ini berisi informasi jumlah permintaan informasi publik, waktu yang diperlukan, jumlah permintaan informasi publik yang dikabulkan dan ditolak, serta alasan penolakan.
Koordinator Kerja Sama dan Humas
Biro AKKS
2025, Yogyakarta Softfile Aktif 1 tahun  
Prosedur Memperoleh Informasi Publik
  Tata Cara Memperoleh Informasi Publik

Tata cara memperoleh Informasi Publik disertai informasi waktu dan syarat permohonan
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2025, Yogyakarta Softfile Aktif 2 tahun Lihat
  Tata Cara Pengajuan Keberatan

Tata cara pengajuan keberatan dan proses penyelesaian sengketa Informasi Publik berikut pihak-pihak yang bertanggungjawab yang dapat dihubungi
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2025, Yogyakarta Softfile Aktif 2 tahun Lihat
Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang atau Pelanggaran
  Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewedang atau Pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat perguruan tinggi melalui laman Lapor.go.id Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2024, Yogyakarta Softfile Aktif 2 tahun Lihat
Peraturan dan Keputusan
  Peraturan dan Keputusan Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta

Peraturan, keputusan, dan/atau kebijakan Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta yang telah ditetapkan mengatur berbagai aspek akademik, administratif, keuangan, dan kemahasiswaan
Koordinator Bidang Umum, Hukum, Tata Laksana, dan BMN (UHTB) 2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Pedoman Pengelolaan Organisasi

Pengelolaan UPN "Veteran" Yogyakarta berpedoman pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 85 Tahun 2017 tentang Statuta UPN "Veteran" Yogyakarta
Koordinator Bidang Umum, Hukum, Tata Laksana, dan BMN (UHTB) 2017, Jakarta Softfile Permanen, kecuali ada perubahan Lihat
  Pedoman Pengelolaan Administrasi

Pedoman, tata cara, dan standar pelaksanaan suatu aktivitas atau proses kerja di lingkungan UPN "Veteran" Yogyakarta
Koordinator Bidang Umum, Hukum, Tata Laksana, dan BMN (UHTB) 2025, Yogyakarta Softfile Aktif 1 Tahun Lihat
  Pedoman Pengelolaan Keuangan

Pedoman, tata cara, dan standar pelaksanaan administrasi keuangan di lingkungan UPN "Veteran" Yogyakarta
Koordinator Bagian Perencanaan
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile Aktif 1 Tahun Lihat
  Pedoman Pengelolaan Kepegawaian

Pedoman, tata cara, dan standar pelaksanaan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan UPN "Veteran" Yogyakarta antara lain penyusunan formasi dan penerimaan ASN, pengangkatan pegawai, kenaikan pangkat, kenaikan gaji, mutasi, pendidikan dan pelatihan pegawai, dan sebagainya
Koordinator Bagian Kepegawaian
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile Aktif 1 Tahun Lihat
  Keputusan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Keputusan yang diterbitkan oleh PPID seperti Daftar Informasi Publik, Maklumat Layanan, SOP Informasi Publik, dan sebagainya
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2025, Yogyakarta Softfile Aktif 2 Tahun Lihat
Pengadaan Barang dan Jasa
  Rencana Pengadaan Barang dan Jasa

Kepala Bagian Umum
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Regulasi Pengadaan Barang dan Jasa Kepala Bagian Umum
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Dokumen Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Kepala Bagian Umum
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun Lihat
  Dokumen Rencana Umum Pengadaan Kepala Bagian Umum
Biro PKU
2025, Yogyakarta Softfile, Hardfile Aktif 1 tahun